Perikanan UGM 2010

Perikanan UGM 2010
praktikum lapangan AVER !

Kamis, 22 Juli 2010

S2 perikanan bukan lagi impian !!

S2 Perikanan Bukan lagi Impian PDF Print E-mail
Written by Silma   
Wednesday, 07 July 2010 00:44
Minimnya kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia bidang perikanan  dihadapkan oleh permintaan masyarakat dalam maupun luar Jogja (khususnya daerah timur seperti Ambon, Kendari, Papua, dll.) untuk mendapatkan Sekolah Pascasarjana Perikanan, membuat Jurusan Perikanan Fakultas UGM membuka program Sekolah Pascasarjana. Menurut Bapak Rustadi,  Sekolah Pascasarjana ditargetkan berjalan mulai tahun ajaran 2010/2011, tepatnya September 2010 sedangkan menurut Bapak Suadi, Sekolah Pascasarjana Perikanan ditargetkan mulai berjalan pada tahun ajaran 2011/2012.
Salah satu  yang perlu dipersiapkan untuk mendirikan Sekolah Pascasarjana adalah proposal.  Menurut Bapak Ustadi selaku Ketua Jurusan Perikanan, proposal  telah diajukan kepada pihak Fakultas Pertanian sebulan lalu dalam rapat kerja fakultas, dekan akan meninjau bersama senat fakultas kemudian hasilnya akan disampaikan kepada senat universitas untuk dipertimbangkan. “Saat ini kami sedang menunggu keputusan dari dekan.”
Nantinya, administrasi mengenai keperluan program pascasarjana Jurusan Perikanan akan digabung dengan program Pascasarjana Fakultas Pertanian lainnya, sedangkan untuk dosen tidak hanya berasal dari Jurusan Perikanan, tetapi juga bekerja sama dengan dosen-dosen dari fakultas lain seperti Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Biologi, Fakultas Kehutanan, Fakultas Peternakan dan fakultas agrokomplek lainnya.
“Kemungkinan program studi pascasarjana yang nantinya akan bernama Ilmu dan Teknologi Kelautan dan Perikanan diketuai oleh Pak Kamiso atau Pak Ali

ejabat di jurusan S1 tidak bisa menjabat lagi di jurusan S2, artinya tidak boleh ada jabatan yang merangkap tapi untuk mengajar tidak masalah mengajar di S1 dan di S2,” terang Bapak Suadi saat ditanya mengenai ketua yang bertanggung jawab dalam sekolah pasca sarjana Perikanan.
Beliau juga mengatakan bahwa kurikulum Sekolah Pascasarjana mungkin lebih fokus pada bidang budidaya perikana.  Namun, tidak menutup kemungkinan dibuka juga pada program studi lainnya. Terbatasnya program Pascasarjana dalam bidang perikanan disebabkan terbatasnya sumberdaya dosen yang maupun minat masyarakat.
Adanya Sekolah Pascasarjana diharapkan ilmu yang diperoleh saat kuliah S1 Perikanan dapat diperdalam karena selama ini banyak sarjana perikanan yang melanjutkan sekolah di jurusan selain perikanan (misalnya Biologi) sehingga bukan semakin fokus atau konsen justru semakin meluas dan ilmu perikanannya tertinggal. Selain itu, Sekolah Pascasarjana diharapkan mampu menciptakan sumberdaya manusia yang kompeten dan sesuai dengan bidangnya. Selama ini lulusan perikanan S1 sudah mulai banyak maka agar tidak berhenti di tempat diperlukan fasilitas Sekolah Pascasarjana Perikanan.
Sebagai mahasiswa perikanan kita bisa mengawasi jalannya proses pembentukan Sekolah Pascasarjana. Bersikap aktif, mencari info dari orang-orang yang terlibat. Mempromosikan program Pascasarjana ini pada masyarakat luas untuk  memperbesar permintaan terhadap program Pascasarjana Perikanan. Kenapa harus sekolah S2 jauh- jauh?? Daftar saja  di Sekolah Pascasarjana Perikanan UGM saja.

(Fitri,Deffy,Renita,Silma)

edt : Yanuar

3 komentar:

  1. magister perikanan UGM sudah di buka belum???

    BalasHapus
  2. Bole nih bagi info kapan open studi S2 Perikanannya..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

terimakasih sudah coment :)